Jumat, 04 Mei 2018

Ini Janji Khofifah di Hadapan Pedagang

Surabaya - Cagub Jatim nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa akan memprioritaskan penyelesaian masalah pedagang Pasar Turi Lama dengan investor Pemkot Surabaya, jika terpilih jadi gubernur.

"Ini bukan soal infrastrukturnya, melainkan masalah Tempat Penampunga Sementara (TPS). Ini harus dikembalikan kepada para memilik stand Pasar Turi yang terbakar," kata Khofifah saat melakukan navigasi program pedagang Pasar Turi Lama di TPS Pasar Turi, Jumat (4/5/2018).

Khofifah beserta rombongannya menelurusi lorong-lorong TPS Pasar Turi. Para pedagang mengeluh pembelian stand baru di Pasar Turi Baru meski lunas, masih dilakukan pemungutan di luar nilai kontrak stand.

"Stand ini harus dikembalikan kepada para pedagang yang dulu standnya terbakar 12 tahun silam. Karena ini milik mereka. Ini harus segera dikomunikasikan pemkot dan investor," kata Khofifah.

Khofifah juga berupaya mempertemukan para pedagang dengan pemkot dan investor. Dengan pertemuan itu, akan membuka kembali kontrak yang dijanjikan diawal.

"Renegoisasi harus segera dilakukan untuk membuka kontrak-kontrak dan melihat kontrak yang sebelumnya diputuskan dulu," ujar Khofifah.

Sementara Ketua Ketua Himpunan Pasar-Pasar Turi (HPP)-M.Taufik mengatakan dari pedagang Pasar Turi lama berjumlah 3.784 dan yang masih bertahan di TPS sebanyak 999 pedagang. Sebagian dari pedagang yang membeli stand Pasar Turi Baru sudah membayar 80 persen.

Namun, para pedagang tidak langsung bisa menempati stand baru itu. Sebab seiring berjalannya waktu terjadi pungutan-pungutan lain yang harus dibayar pedagang dan nilainya puluhan juta.

"Salah satunya adalah pajak. Pedagang sudah membayar 10 persen, terus pedagang ditarik PBHTP 5 persen, tidak disetorkan ke negara," keluh Taufik.

Selain itu, tambah Taufik, para pedagang juga diminta pembayaran sertifikat strata title, padahal Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyatakan, bahwa tidak ada sertifikat tersebut. 

"Itu ditarik Rp 10 juta, bahkan bisa lebih. Loh, di sini negara tidak hadir," ucap Taufik.

Dalam kunjungannya di TPS Pasar Turi, para pedagang Pasar Turi Lama mendoakan Khofifah terpilih menjadi gubernur Jatim. "Kami ingin Bu Khofifah terpilih menjadi gubernur agar bisa membantu persoalan para pedangan Pasar Turi Lama," tandasnya. 
Load disqus comments

0 komentar