Senin, 02 April 2018

Pilgub Jatim 2018: Puti Usahakan Perbaikan Fasilitas

Trenggalek - Cawagub Jatim Puti Guntur Soekarno prihatin melihat kondisi masyarakat di Desa Kayen, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek. Ia melihat langsung 1 dari 10 desa yang masyarakatnya terdampak kasus bayi kurang asupan gizi.

Puti yang datang bersama Wabup Trenggalek M Nur Arifin dan mantan Bupati Trenggalek dua priode Mulyadi langsung disambut keluhan warga. Pertemuan digelar di kediaman Suwita (38) salah satu warga RT 5, RW 2 desa setempat. "Warga mriki remen nek wonten pejabat saget tindak mriki, nopomaleh niki rawuh Putune Pak Karno (warga kesini suka kalau ada pejabat bisa datang, apalagi ini yang datang cucunya Pak Karno)," kata Tukinem (56) warga setempat, Senin (2/4/2018).

Tukinem mengaku, selama ini pejabat Kabupaten Trenggalek yang diketahui mau datang di pemukiman dan melihat kondisi masyarakat hanyalah mantan Bupati Trenggalek dua priode Mulyadi dan Wabup Trenggalek M Nur Arifin. "Nembe angsal seminggu niku Mas Ipin (Nur Arifin), pak Wabup niku rawuh mriki, niku nginep ten tanggi (Baru dapat seminggu itu Mas Ipin, Pak Wabup baru datang ke sini, itu menginap ditetangga)," ujarnya.

Ia berharap berharap agar masyarakat sekitar nasibnya diperhatikan terutama adanya adanya fasilitas MCK (Mandi, Cuci, Kakus) dan perbaikan gizi bagi balita di wilayah tersebut. Mendengarkan keluhan warga, Puti mengaku prihatin melihat kondisi tersebut, terutama bagi stunting dan kondisi lingkungan serta kurangnya pemberian pemahaman.

"Jadi ibu-ibu mending makan misalnya telur, ubi atau makan ketela yang tidak ada kandungan-kandungan kimia. Termasuk bayi juga diberikan asi ekslusif," ucapnya. Mantan anggota DPR RI dua priode itu akan berusaha jika mendapatkan amanah bersama pasangannya Cagub Saifullah Yusuf dalam Pilgub Jatim 2018 akan menerapkan program PKH Super diantaranya perbaikan nutrisi kepada rumah tangga miskin dan sangat miskin. 

"Diantaranya memberikan sejumlah komoditi misalnya ayam, susu, telur dengan rutin," ujarnya.

Selain itu, Puti juga akan mengusahakan rumah layak huni bagi warga usai melihat lingkungan wilayah tersebut yang membutuhkan perbaikan dan pembangunan MCK.

"Kami mohon doa ketika nanti menjadi Wagub memperhatikan persoalan ini. Kami juga koordinasikan dengan pemerintah," tutupnya. 
Load disqus comments

0 komentar