Minggu, 29 April 2018

Metamorfosis Koalisi Merah Putih

Jakarta - Koalisi Merah Putih (KMP) kini bermetamorfosis. Bila di Pilpres 2014 KMP dinaungi banyak partai, kini tampaknya koalisi yang dipimpin Partai Gerindra itu 'menciut' untuk Pilpres 2019.

Koalisi Merah Putih, yang begitu tenar dengan lambang garuda merah dan sebutan KMP pada Pilpres 2014, mengusung duet Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Parpol yang tergabung adalah Gerindra, PAN, PPP, PKS, PBB, dan Golkar. Koalisi ini kala itu solid menantang Koalisi Indonesia Hebat (KIH), yang dipimpin PDIP dengan pasangan yang diusungnya adalah Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Selain PDIP, partai yang tergabung dengan KIH adalah PKB, NasDem, Hanura, PKPI, dan sebagian PPP yang tak mendukung Prabowo.


Setelah Jokowi-JK keluar sebagai pemenang Pilpres 2014, KMP masih sesumbar bakal bertahan jadi koalisi permanen. Namun komitmen itu perlahan-lahan luntur, satu demi satu parpol anggota KMP bergabung menjadi parpol pendukung Jokowi-JK dan tentu mendapatkan menteri di Kabinet Kerja. Golkar, PPP, dan PAN merapat ke kubu Jokowi.

Setelah drama politik panjang, kini tinggal Gerindra dan PKS yang bertahan di koalisi permanen itu. Belakangan, PAN mulai muncul lagi sebagai wajah oposisi meski punya menteri di Kabinet Kerja, yakni MenPAN-RB, yang dijabat Asman Abnur.
Load disqus comments

0 komentar