Jumat, 23 Maret 2018

Ridwan Kamil akan Perjuangkan 13 Daerah Baru di Jabar

 Bandung - Pasangan Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum menilai harus ada pemekaran wilayah lagi di Jawa Barat, tak tanggung-tanggung jumlahnya mencapai 13 daerah. Cagub Jabar Ridwan Kamil mengatakan berdasarkan hasil kajian, idealnya ada 40 daerah di Jabar. Namun, sambung dia, saat ini baru ada 27 kabupaten dan kota yang jumlah penduduknya beragam.

"Jabar ini penduduknya 46 juta tapi daerahnya hanya 27, menurut kajian, idealnya Jabar daerahnya 40. Dimanakah 13 daerah itu, itu yang akan diperjuangkan secara politik," kata Ridwan saat ditemui di Hotel Harris, Jalan Ciumbuleuit, Kota Bandung, Jumat (23/3/2018).

Menurutnya persoalan pemekaran daerah ini penting dilakukan berkaitan dengan anggaran negara yang bisa dinikmati warga. Saat ini, rata-rata warga Jabar hanya menerima Rp 600 ribu per orang setiap tahunnya.

"APBN ke warga Jabar hanya Rp 600 ribu, sementara uang APBN ke Jatim Rp 1 juta kan enggak adil, padahal sama-sama warga Indonesia, ini karena daerah di Jatim lebih banyak," ungkap Wali Kota Bandung ini.

Ia berjanji bila dipercaya masyarakat memimpin Jabar, akan melakukan pemekaran daerah sebanyak mungkin."Kemungkinan besar di Jabar selatan karena wilayahnya terlalu luas," kata Emil.
Load disqus comments

0 komentar