Rabu, 21 Maret 2018

Pemilih Gus Ipul Pro-Jokowi, Pemilih Khofifah Pro-Prabowo

Ilsutrasi Gus Ipul vs Khofifah di Pilgub Jatim

Jakarta - Lembaga survei Charta Politika merilis hasil survei terhadap calon gubernur dan calon wakil gubernur dalam Pilkada Jatim 2018. Hasil survei elektabilitas berdasarkan pilihan calon presiden 2019, pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno cenderung dipilih pendukung Joko Widodo (Jokowi). Berdasarkan data survei, Gus Ipul didukung 51,3% pendukung Jokowi dan 47,4% pendukung Prabowo Subianto. Sedangkan 44,6% pendukung Prabowo memilih Khofifah dan 35,9% dari pendukung Jokowi.


"Pemilih Joko Widodo cenderung memilih Gus Ipul-Puti (51,3%). Pemilih Prabowo terpilih menjadi dua, memilih Khofifah-Emil Dardak dan Gus Ipul," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya saat memaparkan hasil survei di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (21/3/2018). Dalam survei pemilihan calon presiden yang dilakukan Charta Politika sendiri, Jokowi unggul dibandingkan Prabowo. Simulasi dilakukan dengan dua nama, dengan pertanyaan 'apabila pilkada dilakukan hari ini, siapa yang dipilih antara Jokowi dan Prabowo'. 

"Jokowi unggul dengan 58,7%, sementara Prabowo 26,7%," tuturnya. 

Survei dilakukan pada 3-8 Maret 2018. Ada 1.200 responden yang dipilih dengan metode stratified multistage random samplingMargin of error dari survei tersebut +- 2,8% dengan tingkat kepercayaan 95%. Charta Politika melakukan simulasi dengan menyebarkan kertas suara ke 1.200 responden dengan pertanyaan 'jika Pilkada Jatim dilaksanakan hari ini, siapa yang dipilih'. Hasilnya, pasangan Gus Ipul-Puti Guntur menempati posisi teratas dengan perolehan suara 44,8%, menyusul di bawahnya pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak dengan 38,1%

Load disqus comments

0 komentar